Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Wednesday, March 18, 2009

Celah Dibalik Pemakaian Kode PIN di Kartu SIM

Akhirnya, saya kembali untuk memosting di blogspot ini. Kangen juga dengan blogspot setelah memperbaiki blog yang lain saya di speedy. Oke, kali ini saya akan membahas bahwa ternyata ada celah jika kartu selular anda terproteksi PIN sehingga bisa dipastikan pemberian kode PIN di kartu selular tidak aman. Password trsebut ternyata masih bisa dibuka (walau tidak memasukkan kode PIN yang benar). Bagaimana caranya? Simak dibawah ini.



1. Jika anda mngaktifkan ponsel yang tlah memiliki kartu selular yang telah terproteksi password, secara otomatis, ponsel akan meminta anda untuk menginput password kartu selular agar anda bisa mengaksesnya.
2. Masukkan password sembarang sebanyak 3 kali (tergantung provider operator selular) sehingga ponsel meminta anda memasukkan kode PUK.
3. Matikan ponsel dan buka kartu anda. Perhatikan 16 Digit nomor yang terdapat dibagian belakang kartu. Catatlah 16 digit nomor tersebut dengan cara membaca standar, baca dari kiri ke kanan, kemudian lanjutkan membaca di baris kedua dari kiri ke kanan, begitu seterusnya sampai anda mencatat 16 digit nomor tersebut.
4. Pinjam handphone teman anda yang memiliki operator seluar yang sama dengan operator selular yang digunakan pada kartu yang terproteksi PIN tadi.
5. Telepon ke Customer Service ke operator selular tersebut, lalu mintalah kode PUK.
6. Customer Service tersebut kemudian akan meminta anda menyebutkan nomor handphone yang telah terproteksi password dan meminta anda menyebutkan 16 digit nomor kartu tersebut.
7. Tunggu beberapa saat, customer Service kemudian memberikan anda nomor PUK.
8. Masukkan kembali kartu anda di handphone anda dan kemudian masukkan kode PUK yang tadi diberikan oleh sang customer service.
9. Ponsel kemudian meminta anda untuk memasukkan kode Pin baru.
10. Ketiklah kode pin yang anda inginkan (disarankan menggunakan kode PIN standar yaitu 1234 agar tidak mudah dilupa)
11. Ponsel kemudian akan meminta anda untuk memasukkan kode pin yang telah diinput sebelumnya.
12. Kartu selular anda sekarang sudah bisa diakses/digunakan.

Cara diatas sudah diuji coba oleh operator Telkomsel. Bagi operator lainnya, dilarang sekedar mencoba cara diatas, karena cara diatas belum saya aplikasikan pada operator lain.

Disini, kita dapat beberapa hikmah diantaranya :
1. Memberikan kode PIN ke kartu selular tidak sepenuhnya aman.
2. Anda tidak usah khawatir jika anda benar-benar lupa password anda. Anda dapat melakukan cara diatas jika ingin membuka password tersebut (Telkomsel Only)
3. Memberikan kode PIN ke kartu selular bisa saja menjadi bumerang untuk kita, karena jika kita salah memasukkan kode PUK sebanyak 10 x (tergantung operator selularnya) maka kartu anda akan terblokir dan rusak (tidak dapat digunakan lagi)
4. Jika anda benar-benar ingin menjaga privasi anda di telpon selular anda, sebaiknya anda mengunci/memberikan password di telepon selular (bukan di kartu). Memberikan password di telepon selular biasanya kesalahan memasukkan passwordnya unlimited (tidak terbatas). Tetapi cara ini juga cukup beresiko jika anda benar-benar lupa passwordnya. Cara satu-satunya yaitu membuka password di pusat bantuan merek ponsel yang anda pakai. Tentu ini membutuhkan biaya yang cukup besar, sekitar Rp. 50.000

Demikian dari saya, semoga bermanfaat.
Share:

9 comments:

  1. tetapi tidak semudah itu gan, sama cs nya mustinya harus ditanya kartu yg terblokir terdaftar atas nama siapa dan alamt dimana< sesuai apa enggak dengan yg tercatat di komputer si cs nya dong

    ReplyDelete
  2. makasih atas infonya gan

    ReplyDelete
  3. @Juragan : Enggak juga kok. Soalnya pernah teman saya kartunya keblokir, trus saya yang nelpon CS nya. Pake nama saya, bukan teman saya

    @Anonim : Makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  4. gan ko digit nomornya lebih dari 16 ?
    contonya ini H13
    8962116313
    08403549-3

    ReplyDelete
  5. gag bsa pnya sya .....jelasin secra detail ?

    ReplyDelete
  6. kalau saya lupa dengan pin sebelumnya gimana gan cara ngatasinya,,,,

    ReplyDelete
  7. kalau saya lupa dengan pin sebelumnya gimana gan cara ngatasinya,,,,

    ReplyDelete
  8. Kartuku terblokir, kayak manani tolongg ;(

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.