Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Tuesday, February 3, 2009

Manusia Berasal dari Monyet atau Monyet Berasal dari Manusia?

Teori Darwin mengatakan bahwa manusia berasal dari monyet? Benarkah demikian? Sebenarnya yang dibuat oleh Darwin hanyalah sebatas suatu teori yang belum bisa di ketahui kebenarannya secara pasti. Tetapi kalau diteliti secara pasti, memang ada sih kemiripan manusia dengan monyet/kera. Bisa dilihat dari simetris tubuhnya, adanya persamaan fisik, jumlah ruang jantung, dsb.

Ada sesuatu kejadian yang membuat saya memikirkan ulang teori Darwin tersebut. Ini tejadi pada waktu saya mengikuti praktukum Qiraah di kampus saya, UIN Alauddin Makassar. Dosen pembimbingku, pak Hajir memberikan sedikit cerita tentang sejarah Nabi Musa a.s. yang dicantumkan dalam kitab suci agama Islam, Al-Quran. Kurang lebihnya seperti ini ceritanya :

Suatu hari, kaum Nabi Musa a.s. mengadakan sembahyang guna untuk menyembah kepada yang Sang Pencipta, Allah SWT. Kaum Nabi Musa a.s. mengadakan sembahyang berjamaah pada hari sabtu (Islam mengadakan sembahyang berjamaah, seluruh umat Islam di dunia pada waktu Jumat, Shalat Jumat). Pada suatu hari, kaum Nabi Musa tidak lagi sembahyang di tempat persembahyangan. Apa yang mereka lakukan? Mereka ternyata kelaut untuk menangkap ikan karena pada waktu itu laut tiba-tiba dibajiri oleh ikan. Ikan seolah-olah brkumpul dan ikut bersembahyang, bertasbih kepada Tuhan Semesta Alam. Singkat cerita, Nabi Musa a.s. mengtahui hal ini dan memohon kepada Tuhan agar manusia tersebut diberi pelajaran karena telah melalaikan ibadah kepada Tuhan. Akhirnya doa Nabi Musa a.s. diterima dan orang-orang yang telah berdusta itu dikutuk menjadi monyet.

Seperti itulah cerita yang disampaikan dosenku. Saya berfikir tentang, teori Darwin yang mengatakan bahwa manusia berasal dari monyet. Sungguh memalukan sekali, manusia dahulunya berasal dari monyet? Dalam ajaran agama Islam, manusia pertama kali diciptakan dari tanah, kemudian dari air mani kemudian menjadi segumpal darah dan kemudian menjadi daging (kalau tidak salah nih.. He…). Dan bagaimana dengan manusia pertama yang ada di muka bumi ini, Nabi Adam a.s . Saya rasa semua agama tahu kalau nabi Adam bukanlah monyet, melainkan manusia pertama yang ada dimuka bumi ini. Iya kan?

Jadi, hikmah yang dapat diambil dari sini yaitu janganlah samakan manusia dengan hewan. Memang ada sifat manusia yang menyerupai hewan tetapi secara fitrahnya dia adalah benar manusia, bukan hewan. Manusia berbeda dengan hewan. Manusia memiliki akal dan pikiran sedangkan hewan tidak. Manusia adalah makhluk Tuhan yang sempurna. Sehingga kita sebagai manusia harus selalu beriman dan bertaqwa kepada sang pencipta. Selalu bersyukur atas nikmat yang tak terhingga yang diberikan Tuhan kepada kita.
Share:

6 comments:

  1. Manusia bukan berasal dari tanah atau monyet, manusia berasal dari Tuhan, monyet pun diciptakan oleh Tuhan.. Teori darwin merupakan sebuah teori yang mencari tahu secara teoritis evolusi manusia. jadi menurut saya, manusia di ciptakan Tuhan, tidak pernah ada yang tahu siapa manusia pertama di dunia ini. kalu di bilang nabi adam, itu untuk di agama islam, terus kalau di agama lain?????????? pasti ada manusia manusia pertama kali menurut agama lain sebutkan pula selain nabi adam entah apapun namanya. janganlah kita selalu menfonis sesuatu dengan hal yang belum tentu benar adanya, cukup kita ingat dan menyembah Tuhan serta bersyukur atas karuniaNya.

    ReplyDelete
  2. saya sgt stju skali, klo Mnusia t d.ciptakn oleh tuhan...
    Tetapi sy sgt prcya skli klo Mnusia prtma adlh nabi adam, yg d.ciptkn oleh Allh SWT, menurt agm islm. Krna dstu d.jlskn bhwa mnusia prtma adlh nabi adam yg hrus d.yakini umat islm. Krna islam adlh agama yg smpurna.
    Buknnya membeda2kn agma lain, tpi ini menurut kprcyaan masing2....ciptakn oleh tuhan...
    Tetapi sy sgt prcya skli klo Mnusia prtma adlh nabi adam, yg d.ciptkn oleh Allh SWT, menurt agm islm. Krna dstu d.jlskn bhwa mnusia prtma adlh nabi adam yg hrus d.yakini umat islm. Krna islam adlh agama yg smpurna.
    Buknnya membeda2kn agma lain, tpi ini menurut kprcyaan masing2...

    ReplyDelete
  3. manusia adalah makhluk ciptaan yang paling sempurna,kalau angka nilainya 10.atau edisi terakhir,dengan kata lain maha pencipta tidak lg menciptakan makhluk setelah manusia sampai hari kiamat,semua yang ada di alam di pasangkan pada diri manusia,

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.