.

Thursday, October 18, 2007

Sejarah Printer Komputer

Apa itu Printer Komputer?
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.

Fungsi Printer Komputer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus

Sejarah Printer Komputer
Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.

Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.

Sejarah Inkjet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Printer system inkjet diperkenalkan pada tahun1984. dengan inkjet printer dan printer ink cartridge, tugas pencetakan dokumen dan penggantian ink cartridge lebih sering dipergunakan, lebih dipercaya dengan hasil yang lebih bersih dari pada pita atau pengisian toner cartridge.

Pada tahun 1984, penerimaan system ini belum menjadi ketergantungan seperti saat ini. Printer inkjet menggantikan printer system dot matrik, yang mengakibatkan penggantian pita. Tak lama kemudian, pabrik-pabrik printer mulai mengkonsep teknologi inkjet, sesuai dengan tuntutan kemajuan. Beberapa perusahaan mulai menjadi kendali dibelakang kemajuan inkjet. Dan pada tahun 90-an, metode tersebut tersebar luas. Saat ini metode cartridge diperlukan untuk mencetak baik hitam putih ataupun gambar dan photo warna. Perkembangan ink cartridge patut dibanggakan, karena kemampuannya menghasilkan cetakan di atas kertas yang berbeda jenis dan ukuran, pabrik,film dan lain-lain. Printer ini juga digunakan untuk sekolah-sekolah, rumah-rumah dan jutaan orang di seluruh dunia.

Sejarah Laser Printer

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Pada tahun 1953, printer dengan kecepatan tinggi pertama kali di kembangkan oleh Remington-Rand yang digunakan di UNIVAC computer. Pada tahun 1938, Chester Carlson memperkenalkan proses cetak basah yang disebut electrophotography yang kemudian hari dinamakan Xerox, yang kemudian berkembang menjadi penemuan teknologi printer laser. Printer laser yang sesungguhnya dinamakan EARS yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center, di mulai tahun 1969 dan selesai pada bulan November tahun 1971. tenaga ahli Xerox, Gary Starkweather mengadopsi teknologi copy Xerox menjadi printer laser. Xerox 9700 adalah produk printer laser pertama Xerox dengan teknologi xerographic laser yang di realase tahun 1977. IBM sendiri memulai teknologi ini dengan IBM 3800 yang dipasang pertama pada kantor pusat akunting di F.W.Woolworth’s North American data Center di Milwaukee, Winconsin tahun 1976. IBM 3800 adalah industri pertama system printer kecepatan tinggi. Mengkombinasikan teknologi laser dan electrophotography. Tahun 1992, Hewlett-Packard memperkenalkan LaseJet 4 yang terkenal, menggunakan resolusi 600 x 600 dot per inch(dpi).

Jenis-jenis Printer

Printer dibedakan jenisnya berdasarkan:

-
Resolusi cetak

Pengertian resolusi pada printer adalah kemampuan printer dalam menciptakan jumlah titik dalam satu inchi persegi. Misalnya, resolusi 720x 720 dpi (dot per inch) berarti printer tersebut dapat membuat 720 titik per 1 inchi vertical dan 720 titik per 1 inchi horizontal

Keterangan mengenai resolusi cetak dalam sebuah printer biasanya diberikan pada manual book atau tempelan pada stiker di belakang sebuah printer.

- Kecepatan

Kecepatan printer dinyatakan dalam PPM (page per minute). Semakin cepat dan semakin tajam tampilan yang dihasilkan, harga printer itupun semakin mahal. (idem)

Kecepatan sebuah printer bergantung pada memori yang terdapat di mainboard dan jenis media pencetaknya.

Media Pencetak

- Pita

Pita digunakan sebagai media pencetak pada printer dot matrik. Printer jenis ini biasanya menggunakan head dengan system kerja menitikkan jarum-jarum sesuai dengan tampilan yang akan dicetak. Head jenis ini disebut dot matrik, karena jarum yang membentuk matrik berupa titik mengikuti hasil yang akan dicetak. Head terdiri dari 9 pin dan 24 pin. Pin tersebut adalah jarum yang tersedia dalam head. Semakin banyak jarum yang ada (24 pin) semakin bagus hasil cetak.

Termasuk printer jenis ini seperti Epson LX-800, Epson LQ 2170, dll.

- Tinta

Printer jenis ini menggunakan tinta sebagai media pencetaknya. Head yang digunakan adalah jenis head yang mengatur keluarnya tinta sesuai dengan hasil cetakan. Head jenis ini biasa disebut cartridge.

Termasuk printer jenis ini adalah printer inkjet, deskjet (produk HP) dan bublejet (Produk Canon).

- Toner

Printer jenis ini menggunakan toner sebagai media cetaknya. Toner adalah bubuk yang digunakan sebagai pencetak dengan cara di “taburkan” pada media cetak (seperti kertas) sesuai dengan hasil yang akan dicetak, lalu dipanaskan menggunakan cahaya. Prinsip kerja seperti ini juga dilakukan oleh mesin foto copy.

Termasuk printer jenis ini adalah Printer HP laserjet 6L, dll.

Teknik Cetak

Berdasarkan teknik cetak, dikenal dua macam printer yaitu impact dan non impact. Impact adalah printer yang melakukan teknik cetak dengan cara menekan (memukul) jarum head ke pita, sedangkan non impact ialah printer yang melakukan teknik cetak dengan cara menyemprot, termasuk jenis ini adalah printer inkjet dan toner.

Jenis Koneksitas

Jenis koneksitas printer terdiri dari:

Parallel Port

Parallel port adalah jenis koneksitas awal/pertama yang disediakan oleh computer untuk melakukan koneksi dengan printer. Parallel port terdiri dari port yang memiliki 25 pin (DB25). Masing-masing pin memiliki fungsi yang berbeda. Diantaranya ada yang memiliki voltase, ground, output data dan input data.

Termasuk jenis printer ini adalah printer-printer generasi lama dan dot matrik.

2. USB Port

USB atau Universal Serial Bus adalah jenis port yang digunakan untuk berbagai keperluan, sesuai dengan namanya. Dengan USB, koneksi printer bias dilakukan dengan kecepatan yang lebih baik. Kelemahannya, dengan koneksi ini, koneksitas hanya bias dilakukan saat operating system telah berjalan, tidak bias dilakukan di MS-DOS, karena USB Port baru bias di deteksi di operating system seperti Windows.

3. Lain-lain

Teknologi printing, seperti halnya teknologi lainnya, berjalan sesuai dengan perkembangan jaman. Bermacam bentuk koneksitas dilakukan, tidak hanya untuk printer, tetapi juga peripheral lain, seperti handphone. Koneksitas seperti dengan infrared dan bloothoot banyak dijadikan pilihan. Jadi bukan hal yang tidak mungkin, bila saat ini teknologi printer sering menggunakan parallel dan USB port sebagai koneksitasnya, suatu saat banyak koneksitas yang lebih baik akan digunakan dalam teknologi printing.

Media Cetak

Berdasarkan Jenis Media Cetak

- Kertas

Kertas adalah media cetak yang umum digunakan adalah kertas. Kertas dipergunakan hampir untuk semua kebutuhan pencetakan skripsi, karya tulis dan pekerjaan kantor.

Hampir semua jenis printer mengkondisikan kertas sebagai media cetaknya.

- Photo paper

Berkembangnya teknologi, menuntut perkembangan dalam teknologi printing untuk pemakaian perumahan. Dengan teknologi photo printing, kita tidak perlu bersusah payah untuk melakukan cetak dari sebuah handphone atau photo digital. Beberapa jenis printer keluaran terbaru hampir semua menyertakan fitur photo printing. Kita tinggal membeli photo paper, maka kita bisa melakukan cetak photo dirumah.

Untuk hasil yang lebih baik, sebuah photo printing, biasanya menggunakan 5 buah tinta, yaitu, Black, Cyan, Magenta, Light Cyan, dan light Magenta.

- Kain & Media Ruang luar

Teknologi ini dikenal dengan digital printing. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan periklanan atau advertising sebagai media ruang luar, termasuk di dalamnya penggunaan untuk spanduk, reklame, dll.

Berdasarkan ukuran media cetak

- Printer

Printer yang kita maksud disini adalah printer yang umum kita gunakan dan juga dipergunakan di kantor-kantor dan sekolah-sekolah. Umumnya printer menggunakan kertas dengan ukuran folio, A4, dan paling besar yang digunakan adalah double folio atau A3.

- Plotter

Plotter adalah printer yang mampu melakukan cetak dengan ukuran yang besar, biasanya bias mencetak sampai ukuran lebar A0 dengan panjang yang jauh lebih besar lagi. Plotter ini sering digunakan untuk pembuatan spanduk dan media ruang luar (reklame).

Plotter menurut devinisi kamus TI (Ilmukomputer.com, Kamus TI, Abu Sahl) adalah: Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.

Plotter biasanya juga bergabung fungsinya sebagai cutting, yaitu memotong kertas, terutama untuk pemotongan stiker, dll.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencetak
http://davidusman.wordpress.com/komputer-hardware/tentang-printer-dan-teknologi-printing/
Share:

39 comments:

  1. Wahh bagus nih buat lagi nyari artikel tentang sejarah printer, apalagi untuk tugasnya pak suparmin. He...

    ReplyDelete
  2. gak hebatlah....

    gak detail sejarahnya..

    nama penemu,, taon brapa penemuannya...

    belum komplit tuh...!!!

    ReplyDelete
  3. sejarah tentang printer ini tidak kongkrit

    ReplyDelete
  4. Sangat baik.. Untuk bisa lebih baik lagi, tambahkan siapa penemunya, tahun di temukan, bagaimana cara memasarkannya, dan perkembangan printer masa depan itu gimana. Very Intersting !!!


    Maen2 yee ke blog gw... hehehehe... Salam Kenal...

    :-))

    ReplyDelete
  5. kurang komplit sejarah nya....
    tambahin lagi yach...!!!!

    ReplyDelete
  6. maaf data tentang printer lom lengkap.
    thankyou.

    ReplyDelete
  7. siiipppt ...

    mem-bantu gw bgt nich mah ...

    * hahaha *

    tap sayang dah kg ber-jalan gy nich blog-nya ^^

    ReplyDelete
  8. kuk sama y kaya http://roman-romandoank.blogspot.com/2009/01/sejarah-printer.html. .hagagaga

    hayo siapa yang njiplak siapa??ngaku2. . prikitiw

    ReplyDelete
  9. Sejarahnya yang LENGKAP dong!

    ReplyDelete
  10. wah lumayan membantu nih... hehehe

    ReplyDelete
  11. sangat membatu saya dalam mengerjakan tugas !!!!!!!

    trim ya!!!!!!!1

    internet memang sangat membantu

    ReplyDelete
  12. Rahma Oktaviani mengatakan:

    sejarah printernya mana ya?

    ReplyDelete
  13. BOTAK PALA GUE,..

    ReplyDelete
  14. thanx gan, ane pake ya bwt tugas presentasi tugas kuliah tq

    ReplyDelete
  15. wah ,,, bgus nih soalx ku jga lagi ada tgas ,,,,untk presentasi buat bsok ??????
    jdulnya tntang printe jga deh,,,,,,

    ReplyDelete
  16. makasih buat infonya........

    ReplyDelete
  17. makacih abis buat sipembuat atau sipemilik blog nie.
    buat tugas precentasi
    makacih abis dah

    ReplyDelete
  18. ijin copy paste ya... thnx..

    ReplyDelete
  19. good, kalo printer jenis masa dulu masih ada saverpart nya gga bang ?

    ReplyDelete
  20. ijin copas buat tugas presentasi..
    thanks

    ReplyDelete
  21. from : Gita Surrvia Ningrum

    thanks :)

    ReplyDelete
  22. December is such a special month of the year - quality
    time with family, exchanging gifts, and sumptuous food all month long.
    Don't jump cold, warm up first until you break a light sweat. Yet, before you can get to this point, you first have to make a start.

    Feel free to surf to my weblog: women fitness tips abs

    ReplyDelete
  23. I pay a visit daily some web sites and websites to read articles, however this
    web site offers feature based posts.

    Also visit my website ... Suggested Internet page

    ReplyDelete
  24. Generally, they're visuals that will be revised by means of enthusiast combined with listed on numerous comedy internet pages. This is merely a reflection of the fact that people are on the lookout for a break from the stresses of life. If you cannot get over something that went wrong in your life, remember this quote, 'Do not
    blame yourself for past errors.

    Take a look at my webpage - simply click the up coming article

    ReplyDelete
  25. I've listened to this a dozen or more times and still find it delightful and sooooo original in concept. The effects of what they see, read and hear are having a devastating affect on our society today. This secret Taoist soak will wash any lingering worries down the drain and give you a fabulous and fresh start.

    Feel free to surf to my web site; Latest Daily News

    ReplyDelete
  26. Exercise can help to avoid menopause weight gain and reduce other risks
    including osteoporosis, heart disease, and arthritis.
    Men can follow these health and fitness tips to lose weight and get healthy and fit.
    These tips are followed by every pregnant
    woman all around the world but remember whatever you do,
    you should first check with your gynecologist so that there
    is no complication in your pregnancy.

    Also visit my page; http://chennaigeeks.in/wiki/index.php?title=Fast_Advice_Of_fitness_tips_Examined

    ReplyDelete
  27. This video post is in fact impressive, the sound feature and the picture feature of this video post is genuinely amazing.


    Here is my blog post :: http://academy.theapprenticeagency.co.uk/LouieStoc

    ReplyDelete
  28. I every time used to read post in news papers but
    now as I am a user of web therefore from now I
    am using net for articles, thanks to web.

    Here is my webpage; Biotechnology and Bioengineering

    ReplyDelete
  29. infonya sangat bagus friend

    tukar link friend,, visit my blog http://duniainformatikaindonesia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. baru tau nich sejarah printer... mampir ketempat saya juga ya..
    Printer ID Card
    Perlengkapan ID Card

    ReplyDelete
  31. Terima kasih atas infonya, jadi semakin mengerti
    http://www.leukosit.com/printer-hp-deskjet.htm

    ReplyDelete
  32. baru tahu nih sejarah printer komputer,
    ternyata kayak gitu ya? berliku liku
    hihihi..

    ReplyDelete
  33. Oh jadi seperti itu ya sejarah dan cara kerjanya.. Berarti printer kasir juga termasuk sama dong cara kerja dan sejarahnya seperti printer komputer diatas?

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.