Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Sunday, April 28, 2013

Ibuku Adalah Inspirasiku

Menjelang hari Kartini, kaum perempuan kini menjadi bahan pembicaraan hangat di dunia nyata ataupun dunia online. Berbagai macam perlombaan menulis yang menyangkut ibunda Kartini pun diadakan untuk mengenang jasa2 beliau. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketiga yang mengangkat tema "Perempuan Inspirasiku".

Dalam tulisan saya ini, saya mengangkat Ibu sebagai perepuan yang penuh inspirasi untuk setiap orang. Ibu adalah wanita yang jelas menginspirasi kita semua. Kita tidak akan hidup di dunia ini tanpa kehadiran beliau.

Dalam riwayat dikatakan bahwa surga berada di telapak kaki ibu. Sungguh begitu mulianya seorang ibu. Entah gelar apa yang layak untuk disandangnya. Gelar seperti pahwalawan, pejuang, atau gelar heboh yang lainnya, tidak sebanding dengan perjuangannya yang didedikasikan untuk mendidik dan merawat anak-anaknya, tanpa mengenal lelah serta penuh dengan keikhlasan dan kasih sayang.

Mengapa ibu menjadi perempuan yang penuh inspirasi? Berikut fakta-fakta mengenai Ibu.  

Ibu adalah perempuan "kuat" yang dapat memikul "beban" yang berat
Kita semua pasti tahu bahwa kita dilahirkan didalam perut ibu selama sekitar sembilan bulan. Tidakkah kita berfikir bahwa selama sembilan bulan itu, ibu membawa kita tanpa mengenal rasa lelah. Seiring bertambahnya bulan, perut ibu semakin membesar dan semakin membuat ibu kita kesulitan bergerak dan beraktifitas. Inilah karunia Allah yang memberikan fitrah kepada ibu berupa kasih sayang, sehingga beliau dapat memikul beban kita.

Ibu merupakan sumber kehidupan
Ketika kita masih janin, maka tak ada yang bisa kita makan kecuali makanan yang dimakan dari ibu. Sehingga untuk tetap hidup, kita sangat bergantung terhadap ibu. Oleh karena itu, ketika ibu sakit, maka kita ikut sakit, begitupula ketika ibu sehat maka kita juga akan sehat. Oleh karena itu, tidak ada ibu maka kita pun tak ada.


Ibu adalah perempuan yang membentuk generasi penerus
Tanpa ibu, tak ada generasi. Karena ibulah yang melahirkan generasi. Tentusaja tak luput dari peran ayah. Pikirkanlah, bahwa sedekat-dekatnya seorang ayah terhadap anaknya, pastilah lebih dekat seorang ibu terhadap anaknya. Dari kita masih janin seolah2 kita tak pernah terpisah oleh Ibu. Ketika kita lahir, ibulah yang menyusui kita, mengajari kita, mendidik kita hingga kita bisa berjalan, berbicara, bahkan menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia. Sehingga, tanpa beliau, tak ada generasi penerus yang berakhlak mulia.

Ibu adalah perempuan yang pertama yang mengenalkan dunia
Ketika kita lahir, maka ibu merupakan perempuan bahkan orang pertama yang memperkenalkan kita terhadap dunia. Apa jadinya bila kita dibuang dan dipelihara oleh orangutan? pastilah kita terlahir menjadi manusia yang tak punya adab. Dengan bantuan ibu, maka kita menjadi pribadi manusia yang punya adab. 

Dari beberapa point diatas, patutlah seorang ibu, bahkan ibu kita menjadi wanita atau perempuan yang memberikan inspirasi untuk kita semua. Ibu adalah segalanya. Bahkan ketika seorang anak laki-laki meminang seorang perempuan, maka surganya tetap ada di telapak kaki ibu. Saya pribadi belum mampu untuk membalas jasa-jasa beliau, bahkan sampai kapanpun tak mampu membalasnya. Doa dan ketaatan kita terhadap beliau insyaAllah memiliki makna tersendiri. Oleh karena itu, sayangilah ibu kita selagi ibu kita masih ada. Ketika ibu kita telah menghadap ke Maha Kuasa, maka doa anak-anak yang soleh insyaAlah akan dijabah oleh Allah SWT.

Semoga tulisan ini memberikan inspirasi untuk kita semua, yang terlahir dari rahim ibu kita masing-masing. Ibu kita adalah inspirasi kita semua, dan ibuku adalah inspirasiku...

Share:

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum ..

    Ibu itu, aaaahhhhhhh ...
    Sulit deh kalau sudah ngomongin Ibu.
    Ibu itu gak bisa digambarkan sikapnya.
    Ibu itu gak bisa dilukiskan akhlaknya.
    Ibu itu gak bisa diungkapkan kasih sayangnya/
    Ibu itu, ya ...
    Gak bisa diungkapkan deh, karena saking luar biasanya.

    Intinya ..
    Seperti kata sobat Arief, Ibu itu segalanya.

    Oh yaaa ..
    Apa kabar nih??
    Baru liat di sidebarnya Sobat, ternyata blog aku termasuk dalam Link Sahabat. Terima kasih banyak yaaa udah menganggap aku sebagai sahabat. :)

    Satu lagi, kalau bisa link sahabat utk blog aku diganti deh.
    Soalnya, aku sekarang udah hijrah dari blog itu.
    Aku sekarang udah punya (Q menyebutnya) 'Diary' baru :)

    Klw bisa, linknya diganti yaaa jadi
    http://genuiz.wordpress.com

    Terima kasih ;)

    ReplyDelete
  2. @zuliansyahZul
    Waalaikummussalam..
    Sepakat! :)
    Wah, beneran lama tak jumpa. Jadi rindu juga, terutama live streamingnya. Masih sering mengudara? Sepertinya sudah mulai meninggalkan fesbuk yah sob? Ur wellcome, sudah saya ganti di sidebarnya.

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.