Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Monday, July 11, 2011

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Pertamina

Sudah genap seminggu, saya dan kawan2 (Arham, Rydha, Aidha, dan Nurul) beraktifitas di kantor. Yap, kami sudah memasuki semester 7 dan memprogramkan PPL (Praktek Pengalaman Pekerjaan)/PKL (Praktek Kerja Lapang). Kami memilih PT. Pertamina (Persero) UPms VII Makassar. Alasan memilih perusahaan ini karena disamping perusahaannya besar, IT nya juga cukup berkembang, juga ada beberapa kenalan di dalam sana (he he he).

Well, Alhamdulillah kami ditempatkan di ruang IT M&T yang aktifitasnya masih serumpun dengan jurusan yang kami ambil di kampus. So, dengan penempatan ini, kami berharap memiliki ilmu teknologi dan informasi dapat semakin baik. Ruang IT M&T juga masih terbagi-bagi, misalnya ruang radio dan telepon memiliki ruang tersendiri. Begitupula dengan ruang servernya. Karena kami berlima, maka 3 diantaranya ditempatkan di ruang radio dan telepon, dan sisanya (Arham dan saya) ditempatkan di ruang utama/ruang kerja pada ruang IT M&T.

Awal masuk, kami tak begitu melakukan perkenalan yang menyeluruh. Yah maklum, kebiasaan dari kampus yang suka 'malu-malu kucing', masih terbawa di lingkungan kantor atau mungkin kami masih memegang teguh pada kalimat yang dapat meningkatkan sedikit keimanan kami yaitu : "Malu adalah sebagian dari Iman" :D


Hari pertama, kami telah disodorkan pertanyaan yang cukup berat untuk dijawab. "Pernah pake PHP? Pernah buat program dari PHP? Bisa buat data berikut ini dalam model PHP?". Awalnya saya jawab pernah pernah dan pernah. Tetapi ketika disodorkan data yang ingin di transformasi daru Ms. Excel ke model PHP dan mysql kemudian dibuatkan reportnya, saya langsung diam seribu bahasa. Masalahnya, saya tak begitu menguasai bahasa yang satu ini. Tugas besar pada mata kuliah Pemorgraman Web juga bukan hanya saya sendiri yang rancang. Parahnya lagi, hanya saya dan Arham yang disuruh mengerjakan project itu. Arham sendiri pun nggak fokus ke bahasa PHP, tetapi lebih ke bahasa Java dkk, so, komplit lah sudah. Sebenarnya, tugas ini cukup sulit bagi kami. Tapi karena Arham menyenangi tantangan, maka tugas ini diterimanya dengan semangat dan mantap. Sementara saya hanya diam termangguk2 tak jelas dan saya tak menjawab kesanggupan diberikannya tugas tersebut, karena ketidakpercayaan pada diri sendiri untuk menyelesaikan tugas tersebut. "Terima aja, sekalian tantangan. Soalnya saya menyukai tantangan" Jawab Arham mantap.

Lanjut.. Kampus dan Kantor memang sangat berbeda. Disamping perbedaan gender (yunior dan senior), di dalam kantor juga sangat sibuk. Bahkan kami tak sempat menyapa hanya untuk saling berkenalan (karena sesi perkenalan sebelumnya tak begitu komplit). Bahkan diruangan yang saya tempati ini ada keluargaku sebagai karyawan tetap disini yang saya tak kenal (waduh, malu-malin). Dalam ruangan juga sangat dingin yang membuat saya harus bolah balik ke WC. Keuntungannya, di dalam ruangan baru-baru saja dipasang LCD TV seukuran 30" dengan saluran IndoVision yang mantap, ruangan juga bersih dan tertata rapi. Disamping itu, beberapa karyawan juga sangat ramah terhadap kami, walaupun keramahan tersebut tak dapat kami nikmati setiap hari, karena lagi-lagi kesibukan mereka atas tugas kantornya. Keuntungan lainnya PPL disini yaitu makan siang kami ditanggung selama kami di sini. Waw....

Karena sosialisasi yang tak begitu sukses, maka saya dan arham kebanyakan diam membisu di station kami. Saya hanya mengerjakan sesuatu yang saya sanggupi, termasuk mengotak atik CSS halaman web saja. Untuk masalah coding dsb, katanya Arham yang sanggup. Kesanggupannya juga tak begitu membawakan hasil, sebab dalam seminggu ini, progress yang dikerjakan belum signifikan. Mudah-mudahan tantangan tersebut bisa diselesaikan dengan baik :) Amien.



Dihari-hari PPL saya, terkadang saya dipanggil oleh Pak Yoga untuk mengatasi masalah yang terjadi pada komputer di ruangan lain. Alhamdulillah, masalahnya bisa teratasi. Hanya berbekal FlashDisk 8 Gb dan beberapa program andalan, berbagai masalah komputer dapat dihadapi (sampai saat ini). So, very good. InsyaAllah ada nilai plus yang saya dapatkan selama saya disini.

Begitu dan beginilah ceritaku. Apa ceritamu? :D
Share:

15 comments:

  1. asyiknyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..........

    tapi g kalah asyik juga di PLN Hertasning , mkan siangnya di luar trus , di ajak sama bos , hehehehe :))

    ada temanku 4 org jg di sna rif, nmanya mel,restu,vira n dira yg seruangan sama ridha :))

    ReplyDelete
  2. @UmmY : Yeah..! Diajak makan siang diluar sama bos, tapi makannya dibayarin ga? :D
    Owh ya.. ridha dan dira juga sama ruangan loh dengan saya, cuma mereka di bagian operator. Ternyata dunia begitu sempit yah :D

    ReplyDelete
  3. program apami itu k' yg jadi andalan..
    hihihihi
    :))

    ReplyDelete
  4. dibayarin doonk , heheeh :))

    ho'ohh..dunia tak selebar daun kelor , haha :))

    serunya itu kalo rame2 di' ,

    ReplyDelete
  5. Saya juga mau PKL disana ini bro .. di bidang IT nya ...

    Hmmp yaitu kalau langsung PHP di kasi, padahal saya mau jaringanya ji kodong ku tau ... sampai ketemu disana bro .. salam

    ReplyDelete
  6. jd teringat waktu PKL sy dulu..yah sekitar 6 thn yang lampau, beda ny sy elektro murni walaupu di angkasa pura jg banyak berkenalan dengan server dst..

    Sekarang alhamdulillah dah jadi pendamping klo ada adek2 yg PKL ditempatku, ttp smangat dan smg dpt t4 kerja idamanmu..bravo

    ReplyDelete
  7. tawwa,,keren keren!! mantap mentong ini sobat2ku..
    Lanjutkan n tetap semangat ....!!!!

    ^_^

    ReplyDelete
  8. Wah sob, andai aku ada di situ utk menemani sobat dengan Arham, Insya Allah tugas itu dapat kita selesaikan tepat waktu.
    hahahahaaaaa

    (sombongnya aku)

    ReplyDelete
  9. saya juga mau pkl disitu, kalo permasalahan komputernya apa ya yg sering dihadapi disana?
    soalnya ga terlalu ngerti teknis2nya hehe

    ReplyDelete
  10. Rencana PKL nya di pertamina mana Tika? apa di Pertamina Makassar sini? dan Jurusan nya apa? kalau jurusan TI dan PKL nya di Pertamina Makassar, kemungkinan besar akan ditempatkan di ruang IT M&T dan karena Tika cewek, biasanya di tempatkan di bagian operator message center. Untuk cewek, tidak terlalu ke teknisnya kok. Kalaupun berhubungan dengan komputer, paling sekedar ngecek dan ngirim email, ngimput data, dsb :)

    ReplyDelete
  11. waaah baru sadar ternyata komennya dibalas.hehe
    Alhamdulillah sudah selesai tahun lalu PKLnya.
    Saya PKL di Pertamina Hulu Energi di Jakarta, jurusanku TI.

    ReplyDelete
  12. adduh, jadi takut ini PKL kalau banyak disiruh lantas tidak tahu.Mau bilang apa itu kak!

    ReplyDelete
  13. salam arif,
    kalau masukin surat magang, diajukan kemana yah?? dan boleh tahu, bagaian-bagian apa saja yg ada dipertamina itu?

    salam,
    salwah

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.