Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Sunday, June 2, 2013

Komunitas Ideal: Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri

Alhamdulillah, sampai juga di penghujung kompetisi 8 Minggu Ngeblog bersama Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri. Kali ini temanya begitu menarik, Komunitas Ideal. Yeah, memang komunitas itu sangatlah banyak, terkhusus komunitas yang saya ikuti sudah lebih dari 10, walaupun kebanyakan sifatnya online. Dan kali ini, menurut saya, komunitas Ideal itu ya Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Selayang Padang Mengenai Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri
Angingmammiri merupakan komunitas yang dicetuskan di Makassar, tanggal 11 Juni 2009. Secara resmi didirikan pada tanggal 25 November 2006, ditandai dengan diluncurkannya situs komunitas yang beralamat di angingmammiri.org. AngingMammiri adalah Komunitas Blogger yang anggotanya adalah blogger-blogger, yang memiliki kriteria sebagai berikut :
  1. Masih berdomisili di Makassar, Indonesia dan sekitarnya 
  2. Pernah lahir atau berdomisili di Makassar, Indonesia dan sekitarnya 
  3. Orang tuanya berasal dari Makassar, Indonesia dan sekitarnya 
  4. Mengaku berasal dari Makassar, Indonesia dan sekitarnya 
  5. Pernah melakukan sesuatu di Makassar, Indonesia dan sekitarnya 
  6. Berniat tinggal di Makassar dan sekitarnya tertarik dengan Makassar, Sulawesi dan sekitarnya 
  7. Punya hubungan batin tertentu dengan Makassar dan sekitarnya (sumber)

Menurut saya, komunitas ini dapat dikatakan komunitas yang ideal. Disamping ideal, komuntas ini begitu menarik. Mau tahu mengapa dikatakan ideal dan menarik? Silahkan lihat pemaparan saya berikut ini :


Komunitas dengan struktur organisasi yang teratur serta memiliki Visi dan Misi yang kuat
Saya bukanlah anggota yang aktif dikomunitas ini. Walau demikian, saya cukup tahu mengenai struktur organisasi/komunitas yang ada disini. Tanpa adanya struktur organisasi, tentunya sebuah komunitas tidak dapat berkembang. Bukti nyata yang dilakukan Angingmammiri (Baca: Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri) yaitu tetap membuat komunitas ini lebih hidup dari masa kemasa, dimulai dari tahun 2006 sampai saat ini. Selama saya mengikuti komunitas ini, saya mendapatkan masa pergantian ketua, dari kak Rara ke Kak Iphul. Dan patut diacungi jempol, karena sang ketua betul-betul menggerakkan komunitas ini dengan begitu baik.

Komunitas yang memiliki logo resmi
Entah mengapa saya merasa logo adalah hal terpenting dalam komunitas, karena tanpa logo, maka jati diri sebuah komunitas kurang nampak. Angingmammiri sendiri memiliki logo unik yaitu icon kartun (mirip icon smiley) yang memakai topi khas makassar. Icon ini diberi nama Paccarita, sehingga Angingmammiri menyebut dirinya sebagai "Pacca" atau "Paccarita".

Adanya Tudang Sipulung, untuk mempertemukan para anggota secara langsung.
Komunitas ini dapat dikatakan komunitas online, karena seorang blogger yaitu seorang penulis yang menerbitkan karyanya via online. Dengan begitu, tentu saja pertemuan langsung jarang dilakukan. Tetapi tidak dengan komunitas ini. Angingmammiri bahkan memiliki ide cemerlang untuk mempertemukan para anggotanya di acara tudang sipulung yang diadakan setiap bulan! Tudang sipulung merupakan acara santai yang dihadiri oleh para blogger (bahkan terbuka untuk komunitas lain yang ingin ikut) yang melakukan diskusi sesuai tema yang diangkat. Tema yang diangkat sangat menarik, apalagi menghadirkan bintang tamu (baca: narasumber) yang memang memiliki andil di tema tersebut. Acara ini gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali. Saya pribadi mungkin baru tiga kali mengikuti tudang sipulung ini :D

Perayaan ulang tahun komunitas yang megah dan meriah. 
Saya sangat menyukai komunitas ini karena setiap ulang tahun, pasti ada "sesuatu" yang ditawarkan oleh Angingmamiri, seperti pengadaan lomba blogging, jalan-jalan bareng (dengan biaya yang murah), serta menerbitkan baju (kaos) komunitas. Komunitas ini bahkan dapat menghadirkan sponsor. Cukup megah dan meriah, sehingga baik anggota atau panitia Angingmammiri dapat berbahagia bersama :D

Memiliki ide unik untuk menghidupkan komunitas 
Melakukan hal yang rutin mungkin membuat banyak anggota di sebuah komunitas menjadi bosan. Tidak dengan Angingmammiri. Angingmammiri sendiri selalu memiliki ide unik untuk menghidupkan komunitasnya. Contohnya saja, Angingmammiri pernah mengadakan lomba menulis postingan dengan tema yang diberikan. Pemenang lomba, tulisannya akan dimuat pada portal angingmammiri. Cukup unik dan dapat membangun jiwa menulis kita. Contoh lainnya adalah pada kompetisi yang sekarang saya ikuti, 8 Minggu Ngeblog. Yah benar, saya yang awalnya mulai malas menulis, kini setiap mengingat hari minggu, saya pasti akan menulis :D Walau saya tak mengharap menang, tapi saya mendapatkan keuntungan disini, karena secara tak langsung blog saya ini akan terupdate dari minggu ke minggu. Ingat acara tersebut dibuat bukan karena perayaan hari spesial, tetapi dengan mengadakan acara tersebut, secara langsung ataupun tak langsung, komunitas dapat menunjukkan jati diri dan eksistensinya.

Adanya sharing (saling berbagi) dan diskusi via online
Ini adalah komunitas online satu-satunya yang saya ikuti yang memiliki Milis (Mailing List). Milis mungkin mulai ditinggalkan, karena cukup tak efisien, karena pengaksesan harus membuka email terlebih dahulu. Berbeda dengan komunitas lain yang saya ikuti, diskusinya melalui group facebook dan forum pribadi. Tapi jangan salah, komunitas ini mampu membuat milis menjadi lebih hidup dan berwarna. Milis tidak membutuhkan maintenance sistem, berbeda dengan sistem forum, sehingga milis merupakan pilihan yang tepat untuk sharing dan diskusi, baik itu mengenai kehidupan blogger, sharing pendapat, ataupun sharing pengalaman.

Mungkin sekian dulu komunitas ideal menurut saya. Bagi yang ingin membangun komunitas, silahkan belajar dari Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri. Karena komunitas ini dapat dikatakan "sempurna" menurut saya dibandingkan dengan komunitas lain yang saya ikuti. Hehehe.. :)
 
Share:

9 comments:

  1. ulasan yang sangat menarik mengenai komunitas blogger anging mammiri...mantabs mentong ...salam :-)

    ReplyDelete
  2. mau gabung nih, gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  3. semoga komunitas blogger makassar makin jaya.............

    ReplyDelete
  4. mau gabung gimana daeng bro?
    jln lupa singgaq nah di http://amrimu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. organisasi bila ada struktur yang bagus pasti maju

    ReplyDelete
  6. mantap bro..
    http://Uki-grup.blogspot.com

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.