Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Friday, August 26, 2011

[Good Bye] Pertamina...

Hari ini merupakan momen penting, dimana hari terakhir ku mengikuti PPL aka PKL di PT. Pertamina UPms Regional VII Makassar. Sebelumnya saya pernah bercerita tentang pertamina di blog tercinta ini. Nah, sekarang, saya sekedar ingin berbagi kepada teman2, gimana sih rasanya PKL di pertamina selama 2 bulan terakhir ini dan apa saja yang didapatkan selama PKL disana, tentunya terkhusus pada ruangan yang saya huni, area IT M&T..

Well, Siapa sih yang ga kenal dengan Pertamina? Perusahaan besar yang go Internasional ini memiliki produk yang bisa dibilang 'kebutuhan primer' bagi sebagian besar masyakakat Indonesia. Apa jadinya jika ga ada gas LPG atau bensin untuk orang yang memiliki kendaraan bermotor? hehehe..

Oke. Pertamina (khususnya area IT M&T) nyaris membuat kebiasaan saya berubah. Misalnya bangun terlalu cepat di pagi hari, berpakaian rapi bak Barack Obama, pakai sepatu pantofel, sampai2 banyak pakai minyak-minyakan, seperti minyak rambut, minyak wangi, (yang pastinya bukan minyak telon :D )

Oh ya, di Pertamina ada yang disebut dengan pekerja outsourcing (OS). Pekerja outsourcing adalah tenaga kerja yang dikontrak perusahaan lain, untuk melakukan pekerjaan di Pertamina. Pekerja outsourcing dikontrak untuk melakukan pekerjaan yang sifatnya sementara, pekerjaan yang sifatnya penunjang, pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan yang masih dalam percobaan. So, untuk menjadi pegawai tetap disana, memang harus berawal dari tenaga outsourcing dulu. Walah... ternyata tak mudah menjadi pegawai tetap yah..

Untuk masalah perut, Pertamina jagonya. Makanan di kantin pertamina enak-enak dan beraneka ragam setiap harinya. Sepertinya bisa dibilang memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna. Apalagi kami, anak2 PKL/KKN/KKNP dapat voucher makan siang gratis disini. Waw... perut kenyang, kantongpun ikutan kenyang :D

Pertamina juga memiliki koneksi VPN yang dimana area koneksinya hanya dalam ruang lingkup pertamina itu sendiri sehingga data2 yang sifatnya penting dan rahasia yang bersifat online tidak dapat diakses oleh pihak diluar area/jangkauan yang telah ditentukan.

Untuk masalah perangkat keras komputer, pihak pertamina ternyata mengontrak perangkat keras tersebut. Ketika masa kontraknya berakhir, komputer yang lama akan diganti dengan komputer yang baru. Nah, disini agak ribetnya, karena data2 dari komputer yang lama harus dibackup dulu ke hardisk eksternal kemudian di restore ke komputer yang baru. Karena masa kontraknya agak lama, sekitar 5 tahun, maka akan terjadi juga perubahan OS/Operating System (dari XP ke Windows 7) dan dari Ms. Office 2003/2007 menjadi Ms. Office 2010. Oleh karena itu, tak sedikit pegawai yang mengeluh dengan Ms. Office 2010 (apalagi yang dulunya pakai Ms. Office 2003). Hal yang cukup menggelikan ketika salah satu pegawai berkata.. "Dimana tombol (icon) print-nya office 2010? kalau 2003 bisa print karena ada tombolnya. jadi 2010 ini ga bisa print?" :D

Nah, kembali lagi ke masalah OS (Operating System). Pertamina menggunakan OS Windows. Alasan utamanya, karena mereka menggunakan aplikasi keuangan MySAP yang hanya kompatibel dengan OS Windows. OS Mereka legal (karena udah include dengan penyewaan PC).

So, overall.. Pertamina is a awesome office! Kantornya sangat nyaman, aman, tentram, sejahtera dan damai :D Bahkan, ketika menyambut lebaran, semua pekerja dapat THR yang bisa dibilang lebih dari cukup. Yah, walaupun kita PKL tak dapat merasakan dapatnya THR disini. Hehehe.. *mengharap

Dalam kesempatan ini, saya mau ngucapin beribu terima kasih kepada seluruh pekerja IT M&T ada Pak Andra, bu Nona, bu Melvy, pak Jefry, pak Bagus, pak Yoga, pak Oscar, pak Mustari, Kak Habiby, kak Rofiq, kak Nana, kak Salma dan kakak2 "K" (kak Keke, kak Eky, kak Ike, kak Kiky) ditambah kakak2 dari teknisi ruang sebelah, ada kak Angga, kak Sandy, kak Berti dan kak Arie dan semua2nya deh yang tak bisa disebutin lagi.. :)

Oh ya, khusus kepada kak Keke, makasih yah kak. Banyak ilmu yang saya dapatkan disini berkat kakak. Termasuk semangat dan motivasi dari kakak membuat saya semangat di dunia kerja nanti. Buat pak Yoga, juga. Makasih sudah mempercayakan kami (saya pada khususnya) untuk mengatasi masalah2 yang terjadi pada komputer/laptop pegawai yang bermasalah. Dengan cara demikian, saya memiliki pengalaman plus dalam hal maintenance komputer. Buat teman2 PKL ku, ada Aidha, Nurul, Rydha, dan Arham serta Dhira yang selalu membantu dan selalu menjaga kekompakan kita disini. u are the best guys!

Semoga takdirku nanti di dunia kerja akan berada disini. Amiin. :)

Thanks to Human Resources (HR) Pertamina Unit Region VII Makassar, area IT M&T Pertamina Unit Region VII Makassar, Kantin Pertamina Unit Region VII Makassar.

Share:

4 comments:

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.