Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Monday, November 16, 2009

Lilin Minyak 'Anti' Asap Hitam


Sejak sekitar sebulan yang lalu hingga sekarang, makassar dilanda dengan pemadaman setiap hari. Banyak isu yang mengatakan ini disebabkan karena didirikannya Trans Studio yang konon katanya banyak mengambil kuota daya listrik PLN. Entahlah, itu benar apa tidak.

Satu hal yang membuat saya risih, selain karena barang elektronik tidak bisa jalan sebagaimana mestinya, kita juga harus menghabiskan dua sampai lima batang lilin setiap harinya. Waduh, kalau cuma sehari mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau sebulan, bisa-bisa kita bangkrut. Nah, ternyata ada alternatif lain pengganti lilin. Yaitu Lilin Minyak kelapa.. Wah apaan tuh?

Bersumber dari Pamanku, Om Ancha, saya terheran-heran ketika beliau mencari kapas, aluminium rokok dan minyak kelapa disaat mati lampu. Ternyata dari bahan tersebut bisa dijadikan lilin minyak. Daripada beli lilin, mending bikin lilin sendiri kan?. Untuk lehih seksama, begini cara membuatnya.

Pertama-tama siapkan bahan berikut ini.
- Minyak kelapa secukupnya
- Kapas secukupnya
- Satu lembar aluminium rokok (itu loh, pelapis dalam di dalam bungkusan rokok)
- Wadah yang terbuat dari besi atau sejenisnya yang tahan dengan minyak panas dan api.

Cara membuat.
1. Sobek aluminium yang ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ukuran wadah, kemudian lubangi di tengahnya seukuran jari kelingking dan lumuri seluruh permukaan aluminium dengan minyak kelapa.
2. Ambil kapas secukupnya lalu masukkan ke lubang aluminium rokok tadi sehingga kapas mempunyai dua bagian yaitu bagian atas kapas dan bagian bawah kapas.
3. Siapkan wadah yang telah di isi minyak kelapa.
4. Taruh aluminium rokok yang telah dimasukkan kapas tersebut dalam wadah yang telah terisi minyak kelapa. Jangan sampai aluminium rokok terendam dengan minyak kelapa. Oleh karena itu, aluminium rokoknya buat seperti gunung dan kapas bagian bawah kapas harus terendam di minyak (layaknya lilin minyak tanah).
5. Bagian atas kapas dibakar layaknya sumbu lilin.
6. Selesai.

Cara ini terbukti untuk menghemat pengeluaran loh. Jangan khawatir dengan asap hitam yang menggumpal, karena cara ini tidak mengeluarkan asap hitam tidak seperti lilin minyak tanah. Satu hal yang mungkin sedikit sulit disediakan adalah minyak kelapa. Pakai minyak kelapa bekas juga bisa kok. Dan ingat, jangan sampai minyak kelapanya habis. Segera isi minyak kembali jika minyaknya terlihat sedikit. Silahkan coba deh...
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.