Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Sunday, February 24, 2013

Ngobrolin Android Bersama Komunitas Blogger Angingmammiri dan Android Makassar



Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di Makassar ada sebuah komunitas blogger, komunitas yang terkeren yang pernah saya ikuti, Komunitas Blogger Angingmammiri. Setiap bulan di minggu ketiga, komunitas ini ngadain acara Tudang Sipulung yang merupakan pertemuan sesama blogger makassar untuk sharing pendapat mengenai topik yang lagi ngetrend. Topik yang dipilih juga unik-unik, itulah mengapa komunitas ini bener2 beda dengan komunitas yang lain. Setiap bulan, Angingmammiri mampu mendatangkan pembicara yang bener2 bergelut dengan topik yang diangkat. Untuk bulan ini, Angingmammiri ngangkat tema "Ngobrol Soal Android" yang menghadirkan komunitas Android Makassar sebagai pembicara.

Saya kembali mengajak sahabat saya, Zhaly dan Gunawan untuk beramai-ramai menghadiri tudang sipulung ini. Tapi sayang, karena Zhaly kecapean habis dari ngurus persiapan sidang skripsinya, jadi hanya Gun yang bisa saya ajak. Saya dan Gun berangkat ke Cafe Baca tepat tanggal 22 Februari 2013 sekitar pukul 20.00. Ternyata disana saya bertemu dengan beberapa junior saya di Teknik Informatika, Arhii, Alifka, dan Ukie yang memang mereka memiliki skill di bidang oprek Android. Kerena sesi perkenalan wajib menyebukan kita berasal dari komunitas mana, maka kami berlima menobatkan diri berasal dari komunitas Android UIN Alauddin Makassar yang memang komunitas ini terbentuk di UIN semenjak beberapa bulan yang lalu.



Wow, temanya Android. Im very excited, apalagi mengingat saya dan Gun mantan asisten lab pemrograman mobile (aka Android), jadi kami berdua cukup mengenal Android itu seperti apa. Sampai-sampai saking menyukai pemrograman android, membuat saya memiliki satu blog khusus untuk developer aplikasi di Android, dapat dikunjungi di http://androidspekta.blogspot.com #numpangpromosi XD. Pembicaranya salah satu pengurus Komunitas Android Makassar (lupa namanya) dengan Kak Iphul (aka Daeng Iphul/Daenggassing) yang bertindak sebagai moderatornya. Seperti biasa acara dibuka dengan perkenalan, dan saya kembali mengenalkan diri sebagai Arief, yang aktif-nonaktif di komunitas Angingmammiri sekaligus mewakili Komunitas Android UIN Alauddin Makassar. Hehe..

Android Merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan NVidia. Karena Android sifatnya opensource maka mengutak atik source code merupakan hal yang wajar, selama tidak melanggar lisensi yang telah ditetapkan.

Dalam dunia teknis Android, ada yang disebut dengan istilah Rooting. Dengan melakukan rooting, berarti kita bebas memodifikasi sistem Android sehingga memberikan pengguna akses penuh ke handphone Android. Mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux. Jika android kita sudah di root, maka kita bebas untuk masuk ke dalam sistem dan mengubahnya. Kerugian melalukan rooting yaitu hilangnya garansi pada Android kita, bisa dikatakan rooting itu melepas segel garansi. Kedua, dengan rooting maka malware mudah nyusup di Android kita. Itulah mengapa tidak disarankan untuk melakukan rooting ketika Android kita gunakan untuk keperluan bisnis, seperti mobile banking, red.

Keuntungan rooting itu sendiri yaitu :
- Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root, Berbagai aplikasi untuk tweaking ada yang membutuhkan Proses root untuk bisa mengakses sistem.
- Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel, Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor.
- Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik, Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.
- Dapat meng aktifkan aplikasi hanya di instal di eksternal SD Card saja, terkadang ada aplikasi yang hanya bisa di instal di memory internal dan ini bisa memenuhi memory.Tapi jika HH sudah di root, kita bisa memindahkannya dengan berbagai cara yang akan dibahas di postingan selanjutnya.
- Dapat memainkan Game HD,aplikasi yang bisa digunakan seperti Chainfire 3D.
Disamping membahas rooting, Android Makassar juga membahas aplikasi-aplikasi keren untuk smartphone Android. Pembicara sendiri menggunakan aplikasi TaskKiller yang bergfungsi untuk nge-kill semua aplikasi yang berjalan di Android, Smart Tools sebagai aplikasi pintar, dapat mengukur jarak dari handphone ke dinding yang ditangkap oleh kamera (hebat kan?), Metal Detector yaitu handphone bisa menjadi pendeteksi bahan metal layaknya pendeteksi metal yang dimiliki pak satpam yang digunakan untuk memeriksa seluruh badan kita menggunakan alat itu untuk memastikan pengunjung tidak membawa bom atau bahan peledak. hehe.., dan berbagai aplikasi keren yang lainnya dapat dilihat di Play Store.

Kadang kala pembicara Android Makassar juga iseng membandingkan kehebatan Android dengan smartphone jajarannya, iOS dan Blackberry. Dibahas pula perbedaan mendasar antar smartphone tersebut serta plus minusnya Android dengan smartphone lainnya.

Android untuk pemula?
Oh ya, untuk yang pemula menggunakan Android, Teman2 Android Makassar menyarankan menggunakan Smartfren Andromax dengan harga yang miring dengan kualitas yang mantap. Tetapi untuk tingkat lebih tinggi, disarankan menggunakan produk dari Samsung, mengingat samsung merupakan smartphone Android terbaik versi LifeHacker.

Sekitar pukul 23.00 acara tudang sipulung ini berakhir dengan pemberikan kenang-kenangan Angingmammiri kepada Komunitas Android UIN Makassar, eh, maksud saya Komunitas Android Makassar :D dan informasi lomba blog yang berhadiah smartphone Android yang bertemakan perubahan iklim di Makassar. Saya pribadi sih tertarik untuk ikut lomba blog tersebut, tapi entah masih tidak punya ide untuk itu. Hehe..

Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.