Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Wednesday, April 6, 2011

Seminar Media Online, Saatnya Makassar Dapat Giliran!


Seminar Media Online : Citizen Journalism dan Enterpreneurship merupakan Seminar yang dilaksanakan oleh portal berita online detik.com dalam rangka ulang tahun detik.com yang bekerja sama dengan berbagai sponsor tersohor yakni Telkomsel, Telkom Indonesia dan tak lupa Komunitas terhebat dan terpupuler di Indonesia Timur (menurut saya :p) yakni Komunitas Blogger Makassar, Angingmammiri. Karena kerjasamanya, maka disediakan sekitar 50 tempat untuk anggota angingmammiri tanpa harus melalui proses penyeleksian terlebih dahulu yang sebenarnya pihak detik.com menyeleksi pesertanya untuk mendapatkan peserta yang benar2 layak untuk menduduki kursi 'panas' seminar.

Seminar ini diadakan di berbagai kota besar di Indonesia, dan Makassar merupakan kota ketujuh sekaligus kota terakhir kunjungan detik.com. Hotel Horison merupakan tempat diadakannya seminar ini. Tempat yang sangat cocok, karena disamping tempatnya strategis, juga ruang seminar yang nyaman ditambah pelayanan yang memuaskan :D

Sebenarnya saya mendapat undangan dari Daeng iPul udah jauh hari sebelum seminar diadakan. Tetapi karena keraguan kehadiran saya disana, jadi saya mengabaikannya sampai pada saat hari terakhir pendaftaran, telah tercatat 50 Peserta seminar dari angingmammiri. Yah, tak ada kesempatan lagi untuk medaftar, padahal hari itu (Sabtu, 2 April 2011) tidak ada kegiatan saya dan saya yakin bakal bisa hadir disana. Tapi ternyata, kak Nanie memberikan konfirmasi kalau masih ada beberapa kursi kosong. Dan Alhamdulillah, akhirnya saya ikutan seminar walaupun nama saya 'tercatat cacat' (M. Arief Rivai, seharusnya Arief Rivai) dan No. 3 dari belakang :D

Okey. Dimana ada Arief Rivai, disitu ada Ahmad Arief. Teman seperjuangan blog ku ini juga ikutan dalam acara ini. Tak lupa, manusia blogger baru, Dwi Khairil juga ikutan. Kami bertiga berpetualang menuju Hotel nan Megah itu. Waw, kami terlambat.. Acaranya jam 8 dan kami hadir jam 9. Kami ketinggalan beberapa event yang cukup penting termasuk pengenalan angingmammiri.org

Tema yang diangkat tak cukup populer di telinga saya, yaitu Citizen Journalism dan Enterpreneurship. Saya dengar seperti sebuah bisnis MLM dan jika benar, maka cukup membosankan untuk saya. Ternyata dugaan saya salah! Seminar ini sama sekali tak membahas bisnis 'panggil teman', tetapi mengarah kepada bagaimana menjadi seorang jurnalis yang mampu untuk membangun sebuah portal hebat seperti detik.com dan mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan darinya. Waw! Saya sangat menyukainya, mengingat saya cukup tertarik dengan jurnalistik. Apalagi dengar-dengar si blogger/penulis terkenal, Raditya Dika akan hadir.



Karena saya terlambat, ada beberapa event yang saya lewatkan. Bukan cuma itu saja, saya diberi kehormatan menduduki kursi VIP (kursi tambahan yang kesannya seperti 'terpaksa' :D) di sudut kanan. Ketika saya duduk, pemateri yang menyebutkan dirinya BDI (a.k.a Budiono Darsono) sedang membawakan materinya. Ternyata beliau adalah pendiri Detik.com. Beliau membawakan materinya dengan sangat friendly yang membuat rasa kantuk saya hilang. Bukan cuma itu saja, beliau banyak memberikan ilmu yang penting di dunia jurnalistik seperti trik dan tips untuk menjadi seorang jurnalis yang hebat dan handal yaitu :

1. Fokus, punya tujuan yang jelas
2. Berani menerima tantangan
3. Kompetensi dan mampu mengukur diri sendiri
4. Cepat dan tepat dalam mengambil keputusan


Setelah beliau memaparkan materinya, kini pihak sponsor utama (Telkomsel), pak David memaparkan keunggulan dari produknya. Tanpa dipaparkan pun saya telah merasakan hebatnya produk Telkomsel. Telkomsel yang sebentar lagi merayakan ulang tahunnya ingin mencapai pengguna yang lebih besar. Tak lupa, beliau memperkenalkan fitur T-Cash sebagai dompet elektronik yang memudahkan seseorang berbelanja tanpa harus membawa uang tunai.

Tiba saatnya coffe break. Saya cukup menyayangkan, apa karena ruangan ini di hotel berkelas ataukah durasi yang sungguh mepet, coffe break tidak disertai dengan ISOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan).

Setelah coffe break berakhir dengan durasi mode cepat, tiba saatnya penulis terkenal, Raditya Dika muncul dihadapan kami. Wah, saya gak menyangka orangnya gokil banget, lebih gokil dari film nya Kambing Jantan yang sempat membuat saya tertidur. Pandangan dalam dunia nulis sangat luas. Bahkan disetiap katanya membuat inspirasi bagi semua penulis blog yang kurang lebih seperti ini.

Untuk menjadi seorang penulis yang baik, jangan meminjam artikel! Karena meminjam berarti harus ada sesuatu yang harus dikembalikan dan itu tanpa kreativitas sama sekali. Tapi curilah! Baca dan pelajari struktur tulisan atau cara sudut pandang penulis yang menurut kita menarik lalu jadikan tulisan baru di blog kita.
Semua orang bisa nulis di blog mereka masing2. Tapi yang membedakan mereka semua adalah keunikan. Keunikan tersebut menjadi kunci untuk menjadi yang terdepan. Yang paling penting dalam menulis adalah sudut pandang yang unik. Ambil angle nya untuk dijadikan komedi.
Jika ingin menulis suatu peristiwa yang dialami dikehidupan kita, ambil peristiwa yang sangat sedih, karena mungkin saja itu menjadi sangat lucu di kemudian hari.


Nah, yang paling unik pada kak Radit, adalah cara ngelihat angle humor dari suatu peristiwa. Cocok dan pas banget. Saya 'ngakak setengah mati' sampai-sampai membuat mata saya berair. Benar-benar seorang blogger yang kreatif!

Saya berada disana kurang lebih jam satu siang. Sebenarnya setelah seminar ini diadakan workshop dan dipilih beberapa nama yang berhak mengikuti workshop ini dan saya tidak terpilih. Walau demikian, saya tetap senang dan berpulang dengan semangat menggebu-gebu untuk kembali aktif ngeblog. Makasih banyak Angingmammiri udah mau menyisihkan ruang untuk saya ikut ke seminar yang spektakuler ini.

Share:

2 comments:

  1. Hahahaha..dirimu datang terlambat Arief
    coba kalau datang lebih awal, diminta ikut berdiri juga sebagai wakil dari Anging Mammiri..
    :D

    ReplyDelete
  2. diriku dan dirinya juga datang terlambat...
    tapi diriku yang pulang cepat....
    sehingga diriku tidak mendapatkan sertifikat...
    so...?????

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.