Support Banner





blog-indonesia.com
Yuk.Ngeblog.web.id

Sunday, August 8, 2010

Openbook, Mesin Pencari Status Facebook

Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesr didunia, bahkan sampai April 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 21.027.660 akun yang merupakan tertinggi kedua di Asia setelah Malaysia. Oleh karena itu privasi dalam Facebook, baik update status maupun foto-foto tentu sangat penting dan patut diperhatikan. Cuma masalah yang terjadi, terkadang hal-hal yang sifatnya privasi masih kurang diperhatikan tingkat keamanannya.

Ada situs terbaru yang bernama Openbook. Tampilan dan desain situs Openbook sangat mirip dengan Facebook pada umumnya, tetapi fungsinya sangat berbeda. Openbook bukanlah situs jejaring sosial, tetapi sebuah mesin pencari layaknya Google, yang dapat mencari status terbaru seseorang. Hal ini dapat membuat status kita tidak aman lagi. Semboyannya pun mirip dengan Facebook, hanya ada tambahan diakhir kalimat. "Facebook helps you connect and share with the people in your life. Whether you want to or not" [Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda. Apakah Anda inginkan atau tidak].

Menurut pembuat sekaligus penulis coding Openbook, Will Moffat, "Saya menciptakan sebuah situs bernama Openbook yang memungkinkan orang-orang mencari dan melihat apa yang telah ditulis orang-orang dalam pembaruan status yang dipublikasi di dunia. Banyak dari mereka masuk kategori "terlalu banyak informasi" yang dipaparkan".

"Kami menginginkan agar Facebook memudahkan pengguna memahami dan mengawasi pengaturan privasi, berjanji untuk tidak mengubah pengaturan privasi tanpa sepengetahuan pengguna, dan Facebook pun harus membuat akun pribadi baru dengan default," demikian bunyi tuntutan yang diserukan para pembuat situs, Will Moffat, Peter Burns dan James Home.

Cara kerjanya yaitu hanya dengan membuka situs Openbook (http://youropenbook.org) dan ketik kata kunci status yang ingin dicari lalu klik tombol Searh. Anda juga dapat memfilter pencarian yaitu status yang dicari milik laki-laki atau milik perempuan. Status yang ditampilkan selalu berubah-ubah tergantung dari update status dari facebooker. Status terbaru akan ditampilkan pada urutan pertama mesin pencari tersebut. Berikut adalah tampilan Openbook ketika saya mengetik status 'my mom and dady' :


Setelah melakukan pengaturan privasi, maka tampilan Openbook ketika saya mengetik status 'my mom and dady' :


Cara mengatur privasi :
Login ke Facebook dengan Akun anda dan masuk ke menu Akun -> Pengaturan Privasi. Kemudian klik Sesuaikan pengaturan (lihat gambar) :



Silahkan mengubah privasi 'Kiriman dari Saya' menjadi Teman dari Teman, Hanya Teman atau Ubah suaikan. Pengubahan sedikit saja membuat status anda menjadi privasi. Jadi tidak ada salahnya untuk mengubah privasi demi keamanan dan kenyamanan berfacebook :)

Link eksternal :
- http://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/10/05/25/117123-ingin-privasi-lebih-di-facebook-coba-openbook
- http://us.detikinet.com/read/2010/06/17/114825/1380100/398/openbook-situs-untuk-melihat-status-facebook-memalukan
Share:

4 comments:

  1. pertamax..
    kalo privasi di setting hanya temen aja,, jadi kalo di search disitus http://youropenbook.org statusna gak akan mucul selain temen aja?..

    ReplyDelete
  2. Kalo pengamatan saya, mengubah pengaturan privasi apapun itu (kecuali 'Semua Orang'), Openbook tidak akan menampilkan informasi tersebut.

    Bedanya 'Teman dari Teman' dengan 'Hanya Teman' hanya berlaku di situs Facebook saja. Jadi kalau bro pilih 'Temen dari Teman' maka semua temannya teman facebook bro bisa mengakses informasi tersebut. Tetapi kalau pilih 'Hanya Teman' maka hanya teman yang terdaftar sebagai teman di Facebook bro saja yang bisa mengakses informasi tersebut.

    ReplyDelete
  3. sekarang openbook gimana cara buka situsnya? susah sih?

    ReplyDelete
  4. Sepertinya OpenBook tidak memperpanjang domainnya.. So, maybe closed. :)

    ReplyDelete

Ada yang mau berkomentar ???
Berkomentarlah, Sebelum Berkomentar Itu Dilarang

Gabung Yuk!
Postingan yang lainnya :

Navigasi Blog

Buka Semua | Tutup Semua

Recent Posts

Unordered List

toko baju & busana wanita

Definition List

buah artikel telah ditulis
buah komentar masuk

pengunjung online.